Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, May 1, 2012

Ray Kroc


      
            Ray Kroc adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald's Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia. Selain itu, Kroc juga merupakan pemilik tim baseball San Diego Padres yang berdiri sejak 1974. Ray Kroc lahir pada tanggal 5 Oktober 1902.

            Ia hidup pada masa yang sama dengan dua industrialis terkenal di Amerika Serikat yaitu William Durant dan Henry Ford. Ketika umur 15 tahun dia mendafatar sebagai sopir ambulance untuk palan merah. Ia terpaksa untuk membohongi petugasnya karena batas umur untuk masuk palang merah adalah 17 tahun.
           
            Setelah itu, dia mencoba untuk menjadi salesman. Barang yang ia jual adalah gelas kertas. Dalam usahanya kali ini, dia bertemu dengan Earl Prince, penemu mixer yang dapat membuat milkshake. Pada suatu ketika, hasil penjualan gelasnya menurun, lalu manajemennya akan menurunkan gajinya 10%. Kroc pun tidah menerimanya, dan akhirnya manajemen pun menerima permintaan kroc karena ia tidak mau kehilangan salesman terbaiknya. Akhirnya manajemen pun memutuskan untuk menurunkan gaji anak buah Kroc. Akhirnya, kroc memustuskan untuk keluar dari perusahaan.

            Setelah keluar, ia menemui Earl Prince dan merayunya agar ia mengizinkan Ray untuk memasarkan Milkshakenya. Akhirnya dalam waktu 15 tahun, Ray dapat memasarkan milkshake tersebut ke seluruh Amerika. Setelah itu, ia menyadari bahwa pelanggan terbesarnya berasal dari California yaitu McDonald bersaudara. Lalu ia pergi menuju California untuk melihat bisnis McDonald bersaudara. Ternyata McDonald bersaudara telah berhasil membuat Burger dan Sandwichnya. Namun meraka tidak ingin melanjutkan perusahaannya. Lalu Ray menawarkan diri untuk menjadi pemiliknya.

            Pada tahun 1954, Ray Kroc membuka McDonald's pertamanya di Des Plaines, Illinois. Pada tahun 1961, ia berhasil membeli McDonald's Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara. Namun, kesehatannya semakin memburuk. Ia menderita diabetes dan arthritis. Lalu Ray Kroc mendirikan Franchise Reality Corporation yang bertugas membeli tanah dan menjualnya ke franchisee McDonald's dengan sistem kredit.

            Akhir 1961, Ray Kroc mulai merekurt franchisee secara besar-besaran. Strateginya pun berhasil dan dia berhasil meningkatkan profit perusahaan. Besarnya pendapatan yang didapatkan McDonald's mengakibatkan naiknya saham perusahaan di pasar finansial. Modal yang didapatkannya dari pasar finansial kemudian digunakannya untuk menciptakan kampanye iklan yang berfokus memperkenalkan maskot perusahaan Ronald McDonald.
           
Akhirnya ia membuka cabang di lebih dari 65 negara. Lalu McDonald’s menyesuaikan diri dengan budaya di Negara Negara tersebut. Misalnya agar konsumen Jepang mudah mengucapkan McDonald’s, lalu McDonald’s diubah menjadi Makudonaldo. Di India dan timur tengah, daging babi tidak dimasukkan ke dalam menu.


Pada tahun 1974, Ray Kroc membeli tim baseball San Diego Padres dan membatalkan rencana mereka untuk pindah ke Washington. Ray Kroc meninggal tahun 1984 pada usia 81 tahun, hanya sepuluh bulan sebelum McDonalds menjual hamburger ke 50 milyarnya.
            

No comments:

Post a Comment