Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, April 8, 2012

Narasi Wawancara "Hetty Koes Endang"


Hetty Koes Endang adalah seorang penyanyi yang sukses. Ia sudah memulai karirnya di bidang kesenian mulai dari umur 9 tahun. Ia adalah anak ke 6 dari 10 bersaudara. Ia terlahir dari keluarga seni, jadi semua keluarganya senang bernyanyi tapi hanya ia yang menonjol dan serius menjalaninnya karena ibunya juga mengarahkannya ke dunia seni. Sejak kecil ia sudah mengikuti banyak perlombaan bernyanyi, tapi  ia mulai professional atau menerima honor dari tahun 1972.

Dari sekian banyak penyanyi atau seniman, ia lebih termotivasi dari ibunya sendiri karena ibunya adalah orang yang paling member dukungan dan semangat sehingga ia bisa sukses seperti sekarang ini. Tetapi ia juga mempunyai tokoh idola sejak dulu dan masih bertahan hingga sekarang ini. Tokoh idolanya bernama Titiek Puspa.

Ia mempelajari banyak genre musik karena ia adalah orang yang tidak cepat puas. Jadi ia selalu ingin belajar dan belajar. Rakyat Indonesia sekarang banyak sekali yang lebih menyukai artis luar negeri disbanding dalam negeri. Tapi menurutnya, itu sah sah saja karena semua ini ada siklusnya. Sekarang mungkin lagi jamannya artis-artis luar negeri atau k-pop, dulu jamannya India. Tetapi yang susah adalah penyanyi “Evergreen”.

Evergreen adalah penyanyi yang sepanjang masa atau melegenda. Penyanyi Evergreen harus bisa menguasai banyak genre musik. Jadi ketika pop Berjaya, mereka bisa terkenal, dan jika tiba-tiba berpindah jadi jazz, mereka juga masih bisa terkenal. Penyanyi zaman dulu dan sekarang mempunyai perbedaan. Yaitu, penyanyi zaman dulu lebih kepada Evergreen namun, jaman sekarang jika kejayaannya sudah turun, langsung hilang entah kemana.

Hetty Koes Endang sendiri paling berjaya pada tahun 80-an. Pada masa itu sangat melelahkan baginya. Sehari bisa sampai 2 kali show. Dan satu tahun juga bisa mengeluarkan 4 album. Sekarang ia telah mengeluarkan 18 album. Dia juga mendapatkan  penghargaan sejumlah 38 piala dan 12 golden record.

Dia juga pernah menggeluti dunia akting. Film-film yang pernah ia mainkan antara lain adalah “memble tapi kece”, “benyamin traktor”, “pelacur”, “assoy” dan masih banyak lagi tapi tante bukan pemeran utamanya. Sebenarnya dia juga mempunyai bisnis yaitu bisnis mebel (furniture). Jadi dia mempunyai 3 buah pekerjaan.

Hetty Koes Endang biasa dipanggil oleh menteri luar negeri untuk show. Karena yang nonton menteri jadi peminat pembeli karcisnya mungkin lebih banyak, salah satu festival yang paling berkesan dalam hidupnya adalah, saat “Festival Internacional De La Cancion Vina Del Mar Chile” disitu ia juara satu.
Motto hidupnya adalah kita tidak boleh cepat puas. Harus belajar, belajar, dan belajar!.

No comments:

Post a Comment