Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, April 30, 2012

Persamaan Dan Perbedaan Antara Sydney Dan Jakarta (Betawi)


1. Persamaan. Orang Betawi kalau menanggapi lawan bicaranya dengan kata, “iye”. Orang Sydney menanggapi lawan bicaranya dengan kata,”ye”. Perbedaannya. Orang Betawi bicara bahasa indonesia logat betawi, sementara orang Sydney berbahasa Inggris logat Sydney.

2. Jalanan dalam kota Sydney biasanya macet jam-jam tertentu, sementara di Jakarta setiap saat macet. (Sama-sama macet, namun beda jam).

3. Di Sydney meskipun jalan macet tapi lalu-lintas tetap tertib. Kebalikannya di Jakarta lalu-lintas amburadul.

4. Di Sydney pejalan kaki dihormati haknya meskipun tidak pernah ada tulisan “HORMATILAH PEJALAN KAKI”. Kebalikannya di Jakarta meskipun terpampang besar-besar tulisan tadi, tapi cara bacanya lain, “HORMATILAH KAMI PEMILIK KENDARAAN PRIBADI”. Itulah sebabnya sangat tidak nyaman berjalan kaki di kota Jakarta.

5. Ada kaitannya dengan nomor 4 di atas. Di dalam kota Sydney untuk menempuh jarak dekat orang lebih suka jalan kaki karena lebih cepat dan nyaman. Kebalikannya di Jakarta untuk menempuh jarak dekat misalnya 100 atau 200 meter, orang lebih suka naik kendaraan pribadi (bagi yang punya), biskota, atau angkutan umum lainnya.

6. Di Sydney di luar musim dingin cewe-cewenya suka berpakaian setengah telanjang, meskipun tidak ada anjuran untuk itu. Kebalikannya di Jakarta sebagian cewe-cewenya ingin berpakaian setengah telanjang atau bahkan telanjang sama sekali, meskipun ada larangan untuk berbuat hal itu, karena memang bertentangan dengan budaya kita yang timur.


No comments:

Post a Comment